Sabtu, 17 November 2018

Kilas Balik KKI 2013 Yogyakarta

Selamat yah mene ....
Sebelum membaca lebih jauh, mari kita ketahui lebih dahulu apa itu KKI? dan tentang apa tulisan ini nanti? Dan kenapa cerita lama tahun 2013?
Tulisan ini dibuat untuk menyongsong dan menyemarakkan KKI 2018 yang akan digelar awal Desember nanti di Jakarta sekaligus menyegarkan ingatan akan pelaksanaan sebelumnya.

KKI atau kepanjangan dari Kongres Kebudayaan Indonesia ialah sebuah acara kongres yang membahas tentang budaya yang ada di Indonesia. Kegiatan ini dilaksanakan setiap lima tahun sekali. Pelaksanaan sebelumnya ialah pada tahun 2013 bertempat di Yogyakarta. Lokasi pelaksanaan kongres ini berpindah-pindah tiap periodenya. Untuk tahun 2018 ini, yang sebelumnya hendak dilaksanakan di Bali, akan tetapi Kemendikbud RI sebagai komite pelaksana telah menentukan lokasinya di Jakarta, Kompleks Kemendikbud.
Pada tahun 2013 lalu, kegiatan ini berjalan selama 5 hari, di hari pertama dilakukan upacara pembukaan serta 4 hari kemudian dilaksanakan sidang kongres serta pada malam terakhir dilakukan penutupan. Oleh karenanya banyaknya peserta, maka sidang pada kongres tersebut dibagi menjadi 5 kelas sidang yang masing-masing di tempat yang berbeda. Sidang 1 dan 2 berada di Hotel Saphire, sedangkan Sidang 3, 4, dan 5 berada di Royal Ambarukmo.
Pada setiap kelas sidang, diberikan paparan materi oleh tenaga ahli bidang budaya atau budayawan mengenai permasalahan, perkembangan, dan pelestarian budaya di Indonesia. Selain itu, para peserta sidang juga berkontribusi dalam memberikan sumbang dan masukan pemikiran terkait upaya bagaimana melestarikan kebudayaan di Indonesia.
Strategi-strategi yang disampaikan dan diadu pemikirannya cukup beragam, mulai dari etnik dan musik, toleransi, tinggalan budaya materi, pelestarian adat istiadat, metode pengembangan hasil budaya, dan lain sebagainya.
Untuk melengkapi cerita secara visual, di bawah ini ada beberapa dokumentasi yang sempat penulis abadikan ketika pelaksanaan Kongres Kebudayaan Indonesia di Yogyakarta tahun 2013. Penulis di sini dulu pernah menjadi salah satu panitia pada bagian LO, yakni menghubungkan para undangan dan pembicara untuk kelancaran pelaksanaan kongres. Akan tetapi pada pelaksanannya ternyata malah nge-handle berbagai macam tugas, seperti LO, administrasi, MC, dan asrot. Sebagai pengalaman saja sih dalam menjalankan tugas.


Rapat koordinasi persiapan Panitia KKI 2013 di Hotel Saphire

Upacara pembukaan KKI 2013, Ambarukmo

Upacara pembukaan KKI 2013, Ambarukmo

Suasana hettics ruang sekretariat

Koordinasi pemateri dan panitia

Suasana salah satu ruang sidang kongres

Suasana salah satu ruang sidang kongres

Mengantar peserta undangan ke penginapan

Gala dinner pdi pendopo Ambarukmo

Peserta dan panitia (notulen) pada salah satu kelas sidang

Pendataan ulang peserta di resepsionis


Enjoy setelah upacara penutupan, panitia mahasiswa (LO dan notulen)


*Lain kali ditambah saya tambah lagi tulisannya ya... bhehehehee

0 comments:

Posting Komentar